Monday, November 14, 2011

Makam Raja Sisingamangaraja XI



Foto di Makam Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII di Balige, Toba Samosir Sumatera Utara.


Raja Sisingamangaraja XII lahir di Bakkara, Tapanuli 1849, dan wafat di Slmsim 17 Juni 1907. Nama aslinya adalah Patuan Besar Ompu Pulo Batu, setelah diangkat menjadi raja menggantikan ayahnya yang meninggal, barulah namanya berubah menjadi Sisingamangaraja.

Saat bertahta menjadi raja, ia sangat menentang penjajah dan melakukan perlawanan, akibatnya ia dikejar-kejar oleh penjajah. Saat diminta menyerah dan dianugrahi Sultan Batak, Sisingamangaraja menolak.

Setelah 3 tahun dikejar belanda akhirnya persembunyian Sisingamangaraja diketahui dan dikepung ketat. Pada saat itu komandan pasukan Belanda meminta kembali agar ia menyerah dan menjadi Sultan Batak, namun Sisingamangaraja tetap menolak dan memilih mati daripada menyerah.

Pada penyergapan tersebut,Sisingamangaraja bersama dua putra dan satu putrinya serta beberapa Panglima asal aceh, gugur bersama. Raja Sisingamangaraja XII yang kebal peluru tewas terkena peluru setelah terpercik darah borunya Lopian, yang tewas di pangkuannya.

Semula jenazah dimakamkan di Tarutung, dan kemudian dipindahkan ke Balige. Kedua putra Sisingamangaraja yang gugur bersama yaitu Raja Patuan Anggi, dan Raja Patuan Nagari dimakamkan di sisi kanan dan kiri Raja Sisisngamangaraja.

Liburan dapet ilmu J nice

No comments:

Post a Comment